SUMBERINFO.ID, BANJARMASIN – Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Jasa Raharja terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kali ini, Jasa Raharja yang tergabung dalam Tim Pembina Samsat Provinsi Kalimantan Selatan turut mendorong inovasi dalam layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah pembinaan serta peningkatan fasilitas di Samsat Banjarmasin 1 dan Samsat Banjarmasin 2 pada Selasa (11/3/2025).
Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk PT Jasa Raharja Wilayah Kalimantan Selatan yang berperan dalam memastikan optimalisasi pelayanan SWDKLLJ. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Unit Operasional dan Humas PT Jasa Raharja Kalimantan Selatan, Hendra Fakhruddin, bersama Petugas Samsat Banjarmasin 1, Satria Agus Susilo, dan Petugas Samsat Banjarmasin 2, Budi Yanuarifan Tri Utomo.
Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan, mempermudah masyarakat dalam menunaikan kewajiban pajaknya, serta mengurangi antrean panjang di kantor Samsat. Selain peningkatan sarana dan prasarana, Ditlantas Polda Kalsel juga menghadirkan Loket ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di kantor Samsat, sehingga wajib pajak dapat langsung menyelesaikan pembayaran tilang elektronik sebelum melanjutkan proses pembayaran pajak kendaraan.
Kepala Kantor Wilayah PT Jasa Raharja Kalimantan Selatan, Abdillah, menyampaikan bahwa inovasi ini diharapkan dapat memperlancar proses administrasi kendaraan bermotor di Kalimantan Selatan serta meningkatkan transparansi pelayanan. Langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas dan kewajiban pajak kendaraan.
"PT Jasa Raharja Wilayah Kalimantan Selatan berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan yang lebih baik guna mendukung kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat," ujar Abdillah.(*)