SUMBERINFO.ID, BANJARMASIN — Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Purwadi Arianto, secara resmi menyerahkan penghargaan pelayanan publik kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan serta delapan pemerintah kabupaten/kota di Gedung Mahligai Pancasila, Kamis (17/4/2025).
Dalam sambutannya, Purwadi menyampaikan apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di berbagai sektor. Ia berharap capaian ini menjadi pijakan untuk terus mendorong perbaikan layanan yang lebih baik dan merata.
"Tentunya dengan capaian ini, saya berharap standarisasi pelayanan terus ditingkatkan, bahkan melebihi pencapaian yang sudah diraih saat ini," ujar Purwadi.
Penghargaan dari Kementerian PAN-RB ini diharapkan mampu memacu semangat dan komitmen pemerintah daerah untuk terus berinovasi serta meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat. Hal tersebut juga disampaikan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Hasnuryadi Sulaiman.
"Penghargaan pelayanan publik ini menjadi pemicu semangat bagi pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota untuk semakin meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat," kata Hasnuryadi.
Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Hasnuryadi juga menyerahkan piagam penghargaan Tata Kelola Pemerintahan, yang mencakup capaian Indeks Pelayanan Publik, Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), serta peran sebagai Pengampu Indeks Reformasi Birokrasi (RB), kepada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Banjarmasin II.
Piagam tersebut diterima langsung oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kalsel, H. Subhan Nor Yaumil, SE., M.Si., bersama Wadirlantas Polda Kalsel, AKBP M. Junaeddy Johnny, SIK., MH., dan Kepala Kantor Wilayah PT Jasa Raharja Kalimantan Selatan, Abdillah, yang merupakan bagian dari Tim Pembina Samsat Provinsi Kalimantan Selatan.
Dalam sambutannya, Abdillah menegaskan pentingnya kolaborasi antarlembaga dalam mendukung pelayanan publik yang berkualitas.
"Jasa Raharja merupakan bagian dari Tim Pembina Samsat Provinsi Kalimantan Selatan. Kami memiliki kemitraan erat dengan instansi pemerintah, khususnya Badan Pendapatan Daerah. Karena itu, kami merasa penting untuk terus bersinergi dan memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat," jelasnya.
Momentum penyerahan penghargaan ini menjadi simbol komitmen seluruh jajaran pemerintah daerah di Kalimantan Selatan untuk terus berbenah dan menghadirkan pelayanan publik yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.(*)